بسم الله الرحمن الرحيم

Kimiya Kebahagiaan-1 ANAK KUNCI UNTUK MENGENAL ALLOH

ANAK KUNCI UNTUK MENGENAL ALLOH

Mengenal diri itu adalah “Anak Kunci” untuk Mengenal Alloh.   Hadis ada mengatakan :

MAN ‘ARAFA NAFSAHU FAQAD ‘ARAFA RABBAHU

(Siapa yang kenal kenal dirinya akan Mengenal Alloh)

Firman Alloh Taala :

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segenap ufuk dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Qur’an itu adalah benar. Dan apakah Tuhanmu tidak cukup (bagi kamu) bahwa sesungguhnya Dia menyaksikan segala sesuatu? (QS. 41:53)

Tidak ada hal yang melebihi diri sendiri.  Jika anda tidak kenal diri sendiri, bagaimana anda hendak tahu hal-hal yang lain?  Yang dimaksudkan dengan Mengenal Diri itu bukanlah mengenal bentuk lahir anda, tubuh, muka, kaki, tangan dan lain-lain anggota anda itu.  karena mengenal semua hal itu tidak akan membawa kita mengenal Alloh.  Dan bukan pula mengenal perilaku dalam diri anda yaitu bila anda lapar anda makan,  bila dahaga anda minum,  bila marah anda memukul dan sebagainya.  Jika anda bermaksud demikian,  maka binatang itu sama juga dengan anda.  Yang dimaksudkan sebenarnya mengenal diri itu ialah:

Apakah yang ada dalam diri anda itu?

Dari mana anda datang? Kemana anda pergi? Apakah tujuan anda berada dalam dunia fana ini? Apakah sebenarnya bagian dan apakah sebenarnya derita?

Selengkapnya baca di sini

14 Februari 2009 - Posted by | Kimiya Kebahagiaan

4 Komentar »

  1. Assalamu alaikum wr,wb

    Nama saya AINI KHUDARI
    Sy mohon bimbingannya mengenai apasih maksud tujuan hidup ini, sementara banyak sekali manusia hidup hanya untuk bekerja dan bekerja sementara yg di peroleh itu tidak di bawa mati. padahal firman Tuhan di dalam Alqur’an yaitu , tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk bersujud . dan bagaimana cara manusia bisa mengenali dirinya untuk mengenal Tuhannya.

    Wassalam

    AINI KHUDARI

    Komentar oleh AINI KHUDARI | 15 April 2009 | Balas

  2. Assalammualaikum kepada Saudara, (salam ini saya batalkan sekiranya anda adalah muslimah)…

    Agak Menarik saya sy melihat perkongsian di atas. Saya agak berminat untuk bersemuka dengan kamu sekiranya lokasi kamu di Kuala Lumpur, Malaysia.

    Hanya ingin melihat kamu menafsirkan tentang 4 nafas dan dari mana nafas2 itu dan kemana pula ianya akan pergi. berserta Empat Nafas itu adanya 4 Roh dan apakah ianya?? Hati Makrifah itu letaknya disekitar kawasan badan kita yang mana???…

    Maqam Doa’ pula letak dimana…kalau tidak keberatan, kamu boleh email kepada saya…InsyaAllah dari sini boleh sy bertemu sahabat yang perjuangkan yang HAK…

    Selamat…

    Komentar oleh Zainal | 23 Juni 2009 | Balas

  3. Terimakasih informasinya

    Komentar oleh Gugun | 27 Juli 2009 | Balas

  4. sebenarnya tidak sedikit orang mengetahui apa yg ada dlm dirinya,begitu juga dari mana datang dia ? Kemana dia pergi? Apakah tujuan kita berada dalam dunia fana ini? Apakah sebenarnya bagian dan apakah sebenarnya derita? banyak orang mengetahui itu…. cuma dalam perjalanannya menuju ke arah sana banyak benturan hati sebelah kiri lebih menguasai hati sebelah kanan, makanya kita wajib berusaha untuk mencari guru yg bisa mengarahkan agar hidup kita sejalan dg apa yang diharuskan, disyareatkan,dihalalkan dsb.

    Komentar oleh yuyun | 19 Oktober 2009 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: