بسم الله الرحمن الرحيم

PENJELASAN : Obat yang dapat menarik kepada keadaan takut.

PENJELASAN : Obat yang dapat menarik kepada keadaan takut. (Serial Ihya ‘Ulumuddin) Al-Ghazali.

Ketahuilah sesungguhnya apa yang telah kami sebutkan pada obat sabar dan apa yang telah kami jelaskan pada kitab sabar dan syukur, semua itu telah menculupi pada maksud semua ini. Karena sesungguhnya sabar tidak dapat dihasilkan melainkan setelah berhasilnya keadaan takut dan harap karena permulaan maqam di dalam agama adalah yakin yang diibaratkan sebagai kekuatan iman kepada Allah Ta’ala dan hari akhir dan terhadap surga dan neraka. Dan yakin ini dengan mudah akan dapat mengobarkan ketakutan kepada neraka dan mengharapkan surga. Kemudian harap dan takut akan bertambah kuat dengan adanya sabar karena sesungguhnya sabar itu dikelilingi dengan hal-hal yang tidak disukai hawa nafsu. Maka tiada akan mampu menanggunya melainkan dengan kekuatan harap. Neraka dikelilingi oleh kesenangan nafsu syahwat oleh karena itu tidak akan sabar dalam menahannya kecuali dengan kekuatan khauf/takut. Karena itulah telah berkata ‘Ali KarramaLLahu wajhah, “Barang siapa yang merindukan surga niscaya ia menyimpang dari segala nafsu syahwat. Barang siapa yang menyayangi dirinya akan api neraka, niscaya ia kembali (tidak mengerjakan) hal-hal-yang haram.

Kemudian dilaksanakanlah tingkatan/maqqam sabar dengan diambil manfaatnya dari kauf dan raja’ kepada tingkatan mujahadah dan fokus kepada berdzikir mengingat Allah Ta’ala dan terus menerus bertafakur kepada-Nya.

Dan dzikir yang terus menerus akan membawa kepada kejinakan hati sedangkan terus menerusnya bertafakur akan membawa kepada sempurnanya ma’rifah. Dan terus menerusnya tafakur sampai kepada sempurnanya ma’rifah akan membawa kepada mahabbah/kecintaan yang diikuti oleh maqam ridho dan tawakal dan beberapa tingkatan/maqamat ………………………..baca selengkapnya

28 Mei 2008 - Posted by | Ihya Al-Ghazali

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: