بسم الله الرحمن الرحيم

Bukankah seluruh wali Allah selalu berkunjung ke mari

Syaikh Abul hasan Al Jausaqi berkata,”Tuli telingaku dan buta mataku jika mendengar dan melihat orang seperti Syaikh Abdul Qadir”.

Syaikh Khalifah An-Nahri Al-Maliki murid Syaikh Abi Sa’id Al-Qailawi, ”Ketika aku melalui sesuatu negeri aku melihat seseorang duduk di udara. Akupun bertanya, dengan apa engkau mendapatkan anugerah seperti ini ?” Orang tersebut menjawab.”Ya Khalifah aku tundukkan hawa nafsuku dan aku tunggangi taqwa maka Allah mendudukkanku di udara”. Setelah itu aku mendatangi Syaikh Abdul Qadir dan mendapati beliau sedang duduk di kubah para wali dengan orang yang aku jumpai berada di depan beliau dengan sikap tawadhu’. Orang itu berbicara dan bertanya kepada sang Syaikh tentang persoalan ma’rifat dan hakikat yang tidak aku pahami. Setelah selesai aku berkata kepada pria tersebut,’ Sekarang aku bertemu kamu di sini’.

“Bukankah seluruh wali Allah selalu berkunjung ke mari “. Jawabnya.

“Semua yang kamu bicarakan dengan sang Syaikh tidak ada yang aku pahami”. Kataku,

Ia menjawab, “Disetiap maqam ada hukum tersendiri yang juga mempunyai makna sendiri yang diinterpretasikan dengan melalui ibarah yang sesuai dengannya. Sebuah ibarah tidak akan dapat dipahami kecuali dengan memahami maknanya. Makna tersebut juga tidak dapat dipahami kecuali mereka yang telah mendapatkan hikmah yang tidak akan terealisasikan kecuali mereka yang telah mencapai maqam yang ditunjukkan”.

Kemudian aku kembali bertanya kepadanya, “Aku tidak pernah melihat ada yang bersikap sedemikian tawadhu’ seperti yang engkau lakukan dihadapan Syaikh Abdul Qadir”.

Ia menajwab, “Bagaimana aku tidak bersikap tawadhu’ kepada beliau yang………Baca Selengkapnya

15 April 2008 - Posted by | Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

