بسم الله الرحمن الرحيم

MIGRAIN

MIGRAIN
Selasa, 01 Februari 05 – oleh : adminDokter, apa penyakit migrain itu? Apa bahayanya bila dibiarkan saja, tanpa diobati? Bagaimana cara mengatasinya? Mohon jawabannya! Terima kasih.
Najihatun, Brebes

Najihatun yang dirahmati Allah swt,
Migrain termasuk penyakit yang sering ditemukan dalam masyarakat. Sejumlah penelitian melaporkan 10% populasi dalam masyarakat mengalaminya.
Migrain salah satu bentuk sakit kepala, biasanya sangat nyeri dan mengganggu penderitanya.

Ditandai nyeri kepala yang hebat, seringkali dirasakan pada sebagian daerah kepala. Dapat disertai mual-muntah, kelainan neurologi ringan yang bersifat sementara misalnya fotofobia/takut melihat cahaya, fonofobia/tidak suka mendengar suara, gangguan penglihatan (aura), dll. Ada juga yang merasa keluhannya bertambah hebat bila sedikit saja menggerakan kepala/badan sehingga mereka lebih nyaman berada di ruangan yang gelap dan sunyi.

Sering menimpa wanita dibandingkan pria, pada usia muda dan kondisi tubuh yang sehat, serta diduga bersifat genetik/ diturunkan dari keluarga.

Keluhan yang dialami penderita biasanya pada pagi hari, atau kapan saja, baik siang/malam. Migrain nokturnal (yang terjadi malam hari) dapat mengakibatkan penderita terbangun dari tidurnya. Penderita yang sering mengalami keluhan ini, harus memeriksakan diri lebih intensif kepada dokter ahli untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lain yang lebih serius.

Penyebab migrain berkaitan dengan gangguan aktivitas pembuluh darah otak, gangguan biokimia pada otak atau karena kelainan genetik.
Beberapa hal yang diduga pencetus migrain antara lain: kurang tidur/istirahat, cahaya terlalu terang, suara berisik, perubahan hormon selama siklus menstruasi, stress/kecemasan, kelelahan, perubahan cuaca, makanan/minuman tertentu (coklat, kopi, alkohol, dll), bumbu penyedap buatan yang mengandung MSG atau nitrat, obat-obat tertentu, dll

Serangan migrain sering mengganggu penderita saat bekerja, bersekolah, dll sehingga dapat menurunkan kualitas hidupnya. Selain itu harus dipastikan melalui pemeriksaan yang teliti oleh dokter bahwa keluhannya memang migrain, bukan kemungkinan penyakit lain yang harus segera ditangani seperti tumor otak atau kelainan mata glukoma.

Langkah pertama, ada baiknya kamu membuat “diary” tentang migrain yang dialami: kapan, bagaimana kondisi kamu/lingkungan sekitar saat serangan terjadi, berapa kali, bagaimana gejala setiap serangan, dst. Pokoknya “all about your migrain”. Kalau memang ada hal yang dicurigai, salah satu cara mengatasi temukan dan hindari pencetusnya. Kamu bisa mulai melakukan “perbaikan gaya hidup” misalnya mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi/tanpa pengawet buatan, olahraga teratur, cukup istirahat/tidur, mengelola stress dengan lebih baik (banyak berdzikir, beristighfar, selalu berpikir positif/ husnudz-dzan, dll)

Selanjutnya berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter/ahli. Mungkin dokter akan memberi kamu obat tertentu (jenis dan dosisnya disesuaikan dengan kelainan yang kamu alami) serta beberapa nasihat medis. Yang harus disadari migrain merupakan penyakit kambuhan. So, akan sangat bermanfaat kalau terdapat komunikasi dan kerjasama yang baik antara penderita-dokter dalam menanganinya. Selain itu terdapat beberapa alternatif terapi seperti metode akupuntur, relaksasi, aromaterapi, dll. Untuk terapi alternatif ini sebaiknya kamu konsultasikan lebih dulu dengan dokter, ada/tidak manfaatnya. Wallahu a’lam

SEMEKOT
Dokter, saya pemuda (21) sedang mengalami kecewa terhadap teman, yang selalu memanggil saya semekot (semeter kotor). Padahal saya sudah mencoba berolahraga setiap pagi, namun tinggi badanku tetap tidak bertambah. Saya ingin tanyakan:

-Apakah ada kemungkinan untuk menambah tinggi badan di usia 21 tahu, sebab sebagian orang bilang masih bisa, sebagian lagi bilang sebaliknya. Mohon penjelasannya?

-Kalau memang masih bisa, apa saja yang mesti saya lakukan?
Atas jawabannya, syukron jazakillah.
Kasbi, Padang

Jawaban
Kasbi yang baik, saya turut prihatin ketidaknyamanan kamu mendengar guyonan teman-teman. Tapi jangan sedih/pesimis berkepanjangan ya. Mudah-mudahan masih ada kesempatan untuk mengoptimalkan tinggi badan kamu, meskipun sebagian ahli berpendapat bahwa pertumbuhan tulang sudah berhenti/tidak optimal lagi pada orang berusia di atas 20 tahun.

Beberapa hal yang mungkin dapat membantu usaha kamu misalnya mengoptimalkan masukan makanan/minuman bergizi seimbang terutama protein, vitamin/mineral, rajin berolahraga, seperti: renang, basket. Cukup istirahat, dan jangan lupa berdoa kepada Allah swt, mohon pertolongan-Nya.

Setelah kamu berusaha optimal, selanjutnya adalah bertawakal dengan hasil yang kamu peroleh. Tubuh dan semua kemampuan yang kita miliki pada dasarnya merupakan anugerah Allah swt, insya Allah itu yang terbaik.

Jangan lupa, masih ada cara lain menyiasati kekurangan fisik kita, yaitu dengan mengoptimalkan potensi lain dalam diri kita, misalnya dengan meningkatkan kecerdasan akal, emosi dan ruhiyah, supaya kita tetap memiliki keunggulan di mata Allah swt maupun sesama. Saya doakan, mudah-mudahan kamu berhasil.

5 September 2007 - Posted by | Kesehatan

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: