بسم الله الرحمن الرحيم

Kapan harus menyuntik Insulin ?

41688.jpg

Kapan harus menyuntik insulin

Pertanyyan :

Ada seorang  wanita berusia 54 tahun dengan riwayat diabetes Mekitus sejak 5 tahun yang lalu. Keluhan saat ini, sjak satu minggu yang lalu ada luka kecil seperti melepuh di kaki kanan (lebar 8 cm, dalamnya 2 cm, bercampur nanah dan berbau, serta kulit kemerahan). Cepat melebar, tidak ada rasa sakit dan tidak diketahui apa penyebab luka tersebut. Selain itu tungkai terasa kesemutan dan bila berjalan keduanya rasanya cepat lelah dan kadang nyeri. Selama ini saya sudah berobat ke dokter umum secara teratur dan mendapatkan pengobatan dengan glibenclamide 5 mg pagi satu, siang setengah. Kontrol gla darah terakhir swaktunya 456 mg/dl.

Oleh karena gula darahnya tinggi, saya kemudian berobat ke dokter internis dab diperiksa HbA1C nya ternyata tinggi 10,2 (normal 4-6 %)kemudian disarankan pengobatannya ditambahkan suntikan insulin. Mengapa baru lima tahuun kena DM kok harus suntik insulin.  Kapan sebenarnya penyandang DM mesti disuntik insulin ?

 Jawab :

    Saat ini Ibu merupakan penyandang DM yang gula darahnya tidak terkendali dengan satu jenis obat Hipoglikemi Oral (OHO=obat penurun gula darah) dan sudah muncul komplikasi berupa kaki diabetik serta neuropati diabetik. Pada prnsipnya, penanganan penyandang DM meliputi empat hal. Pertama edukasi, kedua pengaturan makan / diet. Pada penyandang DM sebaiknya membatasi konsumsi karbohidrat. Ketiga, olahraga. Penyandang DM disarankan untuk melakukan kegiatan olahraga secara teratur dan terukur. Ada anjuran misalnya melakukan aktifitas jalan ditempat sekitar 10 menit pada pagi hari dan sore hari. Jika rutin dilakukan maka selama satum minggu telah berolahraga 120 menit atau 2 jam.

    Setelah dengan edukasi, pengaturan makan dan olah raga masih belum mampu mengendalikan kadar gula darah mendekati normal, maka mulai dipertimbangkan untuk mengkonsumsi obat hipoglikemi  orat (OHO). fungsi obat ini antara lain memacu pengeluaran hormon insulin dari pabriknya yaitu sel beta pankreas. Fungsi obat DM antara lain menghambat penyerapan gula dari usus dan memperbaiki resistensi / penolakan insulindi otot.

    Bagi penyandang DM yang sudah lebih dari lima tahun, sebagian pankreasnya tidak mampu menghasilkan insulin. Akibatnya meskipun sudah di pacu pengeluaran hormon insulin di pankreas dengan obat, tetap saja kadar darah puasanya tinggi. Jadi DM nya tidak terkontrol denganbaik.

    guna melihat terkontrol atau tidaknya gula darah dalam satu dua hari terakhir bisa  dilakukan pmeriksaan gula darah puasa dan gulan darah dua jam sesudah makan. Namun kalauningin melihat terkontrol tidaknya DM dalam waktu 3 bulan terakhir perlu dilakukan pemeriksaan HbA1C (Hemoglobin A1C).

    Kapan perlu dilakukan penyuntikan insulun ?, Penyuntikan pada penyandang DM dilakukan apabila mengalami ketoasidosis diabetik / kkadar gula darah tinggi serta di ditemukannya benda keton dalam urin, serta pasien sesak nafas  akibat asidosis metabolik. Pada pasien dengan Ketoasidosis Diabetik (salah satu komplikasi akut DM) kadar gula darah yang tinggi (sering di atas 500 mg/dl) harus diturunkan segera. Caranya dengan memberikan suntikan insulin.

    Disamping itu insulin digunakan pada penyandang DM yang berat badannya kurang / kurus. sebab, insulin dikenal sebagai  like growth factor seperti hormon pertumbuhan. Diharapkan dengan penyuntikan insulin penyandang DM yang tadinya kurus dapat berangsur naik berat badannya

    Selain itu pada diabetes hamil dan DM tipe satu (DM pada usia muda) memerlukan penyuntikan insulin. Dengan demikian tubuh tidak mampu menghasilkan insulin sehingga harus disuplai insulinsepanjang hidupnya. Sementara itu penyandang DM yang mengalami kegagalan dalam pemakaian obat hipoglikemi oral, misalnya dosis obat DM sudah ditinggikan, obat obat yang diberikan tidak lagi  obat  tunggal, tetapi sudah  obat kombinasi, namun tetap tidak mampu mengendalikan kadar gula darahnya, maka pemakaian insulin menjadi pilihan utama.

    Seperti misalnya sudah 5 tahun menyandang DM , sudah berobat secara teratur , telah meminum obat DM sesuai anjuran dokter, tetapi gula darahnya sedemikian tinggi, maka penyuntikan insulin untuk menurunkan kadar gula darah basal mulai diberikan.

    Mengapa baru lima tahun menyandang DM sudah memerlukan suntikan insulin ? Sebenarnya penyandang DM saat diketahui pertama kali biasanya bukan pada saat itu baru menyandang DM akan tetapi umumnya sudah 6 tahun sampai 7 tahun sebelumnya sudah menyandang DM. Hanyan saja tidak terdeteksi dengan baik. Sehingga kalau kita mengetahui DM  5 tahun yang lalu berarti sudah 11 atau 12 tahun yang lalu mulai ada DM nya.

    Oleh karena itu wajar jika baru 5 tahun menyandang DM harus mendapatkan suntikan insulin untuk pengendalian gula darah  yang cenderung membandel .

21 Mei 2007 - Posted by | Kesehatan

1 Komentar »

  1. ibu saya baru kena diabetes 3 bln yang lalu,dia juga darah tinggi.badannya kurus.pernah di dirawat diRs 1 minggu.kadar gula sudah normal,suka BAB.apakah boleh suntik insulin?jika boleh insulin jenis apa yang dipakai.trima kasih

    Komentar oleh ijonk | 3 April 2010 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: