بسم الله الرحمن الرحيم

Dari Nur Muhammad saw

Dari Nur Muhammad saw
Mawlana Syaikh Hisyam Kabbani ar-Rabbani
Sufi Master Dunia, Michigan USA
Bismillah hirRohmanir Rohim
Dari Nur Muhammad Allah menciptakan sebuah lampu jamrut hijau dari Cahaya, dan dilekatkan pada pohon itu melalui seuntai rantai cahaya. Kemudian Dia menempatkan ruh Muhammad s.a.w. di dalam lampu itu dan memerintahkannya untuk memuja Dia dengan Nama Paling Indah (Asma al-Husna).
Itu dilakukannya, dan dia mulai membaca setiap satu dari Nama itu selama 1,000 tahun. Ketika dia sampai kepada Nama ar-Rahman (Maha Kasih), pandangan ar-Rahman jatuh kepadanya dan ruh itu mulai berkeringat karena kerendahan hatinya. Tetesan keringat jatuh dari padanya, sebanyak yang jatuh itu menjadi nabi dan rasul, setiap tetes keringat beraroma mawar berubah menjadi ruh seorang Nabi.
Mereka semua berkumpul di sekitar lampu di pohon itu, dan Azza wa Jala berkata kepada Nabi Muhammad s.a.w., “Lihatlah ini sejumlah besar nabi yang Aku ciptakan dari tetesan keringatmu yang menyerupai mutiara.” Mematuhi perintah ini, dia memandangi mereka itu, dan ketika cahaya mata itu menyentuh menyinari objek itu, maka ruh para nabi itu sekonyong konyong tenggelam dalam Nur Muhammad s.a.w., dan mereka berteriak, “Ya Allah, siapa yang menyelimuti kami dengan cahaya?”
Allah menjawab mereka, “Ini adalah Cahaya dari Muhammad Kekasih Ku, dan kalau kamu akan beriman kepadanya dan menegaskan risalah kenabiannya, Aku akan menghadiahkan kepada kamu kehormatan berupa kenabian.” Dengan itu semua ruh para nabi itu menyatakan iman mereka kepada kenabiannya, dan Allah berkata, “Aku menjadi saksi terhadap pengakuanmu ini,” dan mereka semua setuju.
Sebagaimana disebutkan di dalam al Quran yang Suci: Dan ketika Allah bersepakat dengan para nabi itu : Bahwa Aku telah memberi kamu Kitab dan Kebijakan; kemudian akan datang kepadamu seorang Rasul yang menegaskan kembali apa-apa yang telah apa padamu–kamu akan beriman kepadanya dan kamu akan membantunya; apa kamu setuju? Dia berkata,”Dan apakah kamu menerima beban Ku kepadamu dengan syarat seperti itu. Mereka berkata, ‘Benar kami setuju.’ Allah berkata, Bersaksilah demikian, dan Aku akan bersama kamu diantara para saksi.’ (Ali Imran, 3:75-76)
Kemudian ruh yang murni dan suci itu kembali melanjutkan bacaan Asma ul Husna lagi. Ketika dia sampai kepada Nama al-Qahhar, kepalanya mulai berkeringat sekali lagi karena intensitas dari al Qahhar itu, dan dari butiran keringat itu Allah menciptakan ruh para malaikat yang diberkati. Dari keringat pada mukanya, Allah menciptakan Singgasana dan Hadhirat Ilahiah, Kitab Induk dan Pena, matahari, rembulan dan bintang -bintang.
Dari keringat di dadanya Dia menciptakan para ulama, para syuhada dan para mutaqin. Dari keringat pada punggungnya dibuat lah Bayt-al-Ma’mur( rumah surgawi)
Kabatullah (Kaba), dan Bayt-al-Muqaddas (Haram Jerusalem) dan Rauda-i-Mutahhara (kuburan Nabi Suci s.a.w.di Madinah), begitu juga semua mesjid di dunia ini. Dari keringat pada alisnya dibuat semua ruh kaum beriman, dan dari keringat punggung bagian bawahnya (the coccyx) dibuatlah semua ruh kaum tak-beriman, pemuja api dan pemuja patung.
Dari keringat di kaki nya dibuatlah semua tanah dari timur ke barat, dan semua apa-apa yang berada didalamnya.
Dari setiap tetes keringatlah ruh seorang beriman atau tak-beriman dibuat. Itulah sebabnya Nabi Suci s.a.w.disebut juga sebagai “Abu Arwah”, Ayah para Ruh. Semua ruh ini berkumpul mengelilingi ruh Muhammad s.a.w., berputar mengelilinginya dengan pepujian dan pengagungannya selama 1,000 tahun; kemudian Allah memerintahkan para ruh itu untuk memandang ruh Muhammad sallallahu alayhi wasalam.  Para ruh mematuhi.
Wa min Allah at Tawfiq

wasalam, arief hamdani

About these ads

13 Maret 2008 - Posted by | Artikel sufi

51 Komentar »

  1. asalamualaikum..wahai Nur yang daripadanya adalah berkat daripada Nur muhammad saw..smg sluruh pembaca website ini memahami benar arti Nur Muhammad itu..karna yakin adalah jawabnya moga situs ini banyak manfaatnya bagi kita sekalian umat nabi Muhammad saw..Aminn…

    Komentar oleh nabila | 19 Agustus 2008 | Balas

  2. saya ingin menanyakan tentang nur muhammad.apakah yang pertama kali diciptakan oleh allah dan bagaimana dengan allah itu sendiri ada hadis yang mengatakan bahwasanya tidak akan aku ciptakan sesuatu tampa nur muhammad dan tidak akan ada yang dapat menciptakan nur muhammad selain allah swt.apakah pendapat saudara tentang ini.

    Komentar oleh dedi syahputra | 18 Desember 2008 | Balas

    • nurmuhamat ituadalah kita semua artinya satu dan ketahuilah allah ada di tengah…………..nurmhmt

      Komentar oleh sanji | 25 September 2011 | Balas

  3. Nuurun fauqo kulla nuur
    betapa agung dan mulianya kedudukannya
    betapa tinggi derajatnya
    betapa besar kasih sayangnya
    betapa besar jasa dan pengorbanannya

    Komentar oleh firman | 25 Juli 2009 | Balas

  4. Nabi Muhammad adalah sosok (manusia biasa sekaligus luar-biasa dg kemuliaan akhlaknya), sedangkan nur muhammad adalah hakikat penciptaan yg eksistensinya di sisi Allahu SWT yang juga sekaligus ada pada tiap diri (hamba). Semua ilmu dan rahasia Allah SWT ada di sisiNYA yg juga sekaligus terdapat dalam diri kita masing2 dan inilah kitab yang nyata yg didalamnya terpampang jelas seluruh rahasiaNYA. Ilmu dan Rahasia-rahasia inilah yg dimasukkan oleh Allahu SWT kedalam qolbu Nabiyullah Muhammad SAW. Apakah hanya kedalam dada beliau SAW saja dihujamkan Rahasia2NYA..? tentu tidak!!!, semua kitapun memiliki peluang yg sama dalam hal ini, tetapi beliau SAW terlalu tinggi derajatnya utk tersaingi oleh hamba2 lainnya, bahkan Jibril dan beliau Ibrahim as-pun tidak sebanding dengan beliau Muhammad SAW. inilah barangkali yg lazim disebut dgn maqom kesucian diri. Allah berkehendak dan Maha Mengetahui sikap hati setiap hambaNYA, siapa yg benar-benar (sungguh-sungguh) dan siapa yang hanya sekedarnya atau bahkan hanya bermain-main serta menipu-nipu. sikap hatilah yg menentukan segalanya, krn dia berada pd wilayah rasa. dalam keseharian, kita tdk harus nampak dipermukaan utk dikenal sepak terjang kita. Semakin Rahasia perbuatan baik yg kita lakukan, maka semakin berkualitas nilainya dihadapanNYA. Sejak awal peradaban manusia, hari ini dan sampai runtuhnya alam semesta ini (hari kiamat) akan terus hadir sosok Adam (hamba)yang pintar, cerdas, faham, istiqomah dan tunduk. byk yg pintar tp tdk semuanya cerdas. byk yg cerdas tp tdk selalu faham. byk yg faham hanya sedikit yang istiqomah (konsisten) hingga benar-benar memahami hakikat bahwa tidaklah AKU ciptakan JIN dan MANUSIA kecuali hanya dalam rangka tunduk dan taat atas segala perintahKU tanpa harus byk bertanya. akhirnya semoga Allahu SWT senantiasa dengan hidayah dan RahmatNYA selalu ditunjukkan jalan lurus menujuNYA, amin ya Allahu ya.. Rahman… ya.. rahiim

    Astagfirullahal adhim..
    Allahumma shalli ala Muhammad
    Innalillahi Wainna Ilaihi Raajiuun
    Hasbunallah Wani’mal Wakiil.. Ni’mal maula Wani’mannasiir
    Ihdinasshiraathalmustaqiim
    Allahumma Shalli Alaa Syayyidina Muhammad

    Komentar oleh ubasape | 10 November 2009 | Balas

    • SESUNGGUH APA YG SAUDARA CUBA TERANG ADALAH PEKARA BAIK..YAKNI ILMU..TP SAUDARA WAJIB INGAT ILMU2 HAKIKAT WAJIB DIRAHSIA KAN MELAINKAN SESAMA AHLI..

      Komentar oleh muhammad | 28 April 2011 | Balas

      • Ma’af, mengapa ada ilmu yang harus dirahasiakan? apakah anda takut di cemoohkan, karena ada ilmu hakikat yang hanya boleh diketahui antar sesama mereka? kalau ilmu hakikat itu ilmu yang betul/shohih, harus disampaikan kepada khalayak ramai, karena itu perintah Allah seperti fimanNYA bahwa : Allah akan mengangkat orang2 yang beriman dan orang berilmu diantara kalian beberapa derjat. Apabila ilmu yang bermanfa’at bila diajarkan kepada orang lain, maka pahala mengajarkan ilmu itu akan diterima apabila si pengajar ilmu sudah wafat dan terus diterima pahalanya sampai hari kiamat. Anda merahsiakan ilmu itu karena anda tidak yakin bahwa ilmu itu shohih/benar

        Komentar oleh abdullah | 22 September 2011

      • Benar yang dikatakan saudaraku muhammad, karena ilmu hakekat merupakan ilmu bathin dimana disyaratkan bagi orang-orang sudah bersyariat dengan baik, baik Islamnya, Imannya, ilmu hakekat ini masuk pada (Ihsan). Kalo saya baca dari paparan atau tulisan
        “Dari Nur Muhammad saw
        Mawlana Syaikh Hisyam Kabbani ar-Rabbani
        Sufi Master Dunia, Michigan USA”
        Benar ini tulisan/hasil tulisan dari “Mawlana Syaikh Hisyam Kabbani ar-Rabbani” tapi kenapa tidak ditampilkan semua, kalo hanya setengah-setengah seperti copy paste di atas itu menimbulkan satu pertanyaan dan kebingungan. Apalagi buat pemula yang baru ingin mengenal….hasilnya bukan pengetahuan yang baik buat dirinya tapi menimbulkan kesesatan berpikir buat si pembacanya. Sekarang coba baca komentar2 dari pembaca….itu adalah kebingungan dan ketidak mengertian/tidak jelas sehingga tidak menjadi ilmu pengetahuan bagi pembacanya…yg ada menyesatkan pembaca. Coba gali kembali apa yg penulis tulis…karena setiap tulisan itu harus ada dan bisa dipertanggung jawabkan baik bagi pembaca dan Allah Swt…

        Komentar oleh Azkaku | 18 Oktober 2012

  5. Subhanallah!!
    dari Nur Muhammad itulah Rasullallah diciptakan,,lalu surga,neraka,alam dunia dan alam Akhirat..
    Nur Muhammad ini adalah cikal bakal kehidupan semesta alam

    Komentar oleh gatz | 24 November 2009 | Balas

  6. Mari bersatu mengubah dunia menjadi lebih baik

    Assalamu’alaikum… (Ucapan salam khusus untuk saudaraku yang muslim)

    Pemuda Bani Tamim Perintis Jalan
    (Pentingnya Peranan Pemuda Bani Tamim)

    “Dari Abdullah bin Mas’ud r.a. dia berkata, ketika kami berada ‘disisi Rasulullah SAW tiba-tiba datang sekelompok anak-anak muda dan kalangan Bani Hasyim. Apabila terlihat akan mereka, maka kedua mata Rasulullah SAW berlinang air mata dan wajah beliau berubah. Aku pun bertanya, “Mengapakah kami melihat pada wajahmu sesuatu yang tidak kami sukai?” Beliau menjawab, “Kami ahlul bait telah Allah SWT pilih untuk kami akhirat lebih utama dari dunia. Kaum kerabatku akan menerima bencana dan penyinggkiran sepeninggalku kelak sampai datangnya suatu kaum dari sebelah timur yang membawa bersama mereka panji-panji berwarna hitam. Mereka meminta kebaikan tetapi tidak diberikannya. Makamereka pun berjuang dan memperoleh kemenangan lalu diberikanlah apa yang mereka minta itu, tetapi mereka tidak menerimanya, hingga mereka menyerahkannya kepada seorang lelaki dan kaum kerabatku yang memenuhi bumi dengan keadilan. Sebagaimana bumi dipenuhi dengan kedurjanaan. Siapa diantara kamu yang sempat menemuinya maka datangilah merekawalaupun merangkak di atas salji. Sesungguhnya dia adalah Al Mahdi.(riwayat Abu Daud, Al Hakim At Tarmidzi, Ibnu Majjah, lbnu Hibban, AbuNu’aim, lbnu ‘Asakir, Ibnu‘Adli, Adh Dhahabi, Abu Asy Syeikh)”Dan Ibnu Umar r.a. bahwa Nabi SAW sambil memegang tangan Sayidina Alitelah bersabda: “Akan keluar dan sulbi ini seorang pemuda yang akanmemenuhi bumi ini dengan keadilan (Imam Mahdi) . Maka apabila kamu menyakini yang demikian itu, hendaklah kamu bersama pemuda dari BaniTamim. Sesungguhnya dia datang dari sebelah timur dan dialah pemegang panji-panji Al Mahdi.”(Riwayat At Thabrani)Berdasarkan hadits di atas jelaslah bahwa kebangkitan Islam di akhirzaman terjadi di tangan seorang pemuda dan Bani Tamim. Bani Tamim adalah salah satu cabang dan kabilah Quraisy. Yakni pemuda yang dikatakan akan menyerahkan panji-panji hitam kepada Imam Mahdi. Dengankata lain perjuangan Pemuda Bani Tamim dan Imam Mahdi berkait erat dan sambung-menyambung. Pemuda Bani Tamim ibarat switch, sedangkan Imam Mahdi sebagai lampunya. Apabila switch tidak ditekan, maka lampu tidak akan menyala. Artinya Imam Mahdi belum akan ‘zahir’ bila Pemuda Bani Tamim belum membuat tapaknya. Pemuda Bani Tamim merintis jalan kemudian disambung oleh Imam Mahdi yang akan menegakkan Ummah. Perjuangan dua orang pemimpin ini seperti perjuangan Nabi Harun as. dan Nabi Musa as, yakni berjuang bersamadalam satu zaman dengan mind dan metode yang sama. Kalau diibaratkan orang yang sedang membangun rumah, maka Pemuda Bani Tamim adalah orangyang membangunkan pondasi rumah itu. Untuk membangun rumah yang kokohtentulah pondasinya harus kuat. Imam Mahdi bertugas membangun rumahtersebut, melengkapinya dengan dinding, atap, pintu, jendela, lantai dan sebagainya. Sedangkan Nabi Isa berperan untuk menyempumakan rumah itu, mengisi dengan perabot, menata, serta menghiasinya dengan seindah mungkin. Demikianlah gambaran peranan tiga orang pemimpin besar kurun ini.

    Mengingat pentingnya peranan Pemuda Bani Tamim sudah sepatutnya umatIslam berusaha mencarinya agar dapat dalam kebenaran serta ikut berperan dalam perjuangannya. Bersamanya kita akan mendapat keselamatandan kejayaan di dunia dan di akhirat. Tetapi tidak tertutup peluang bagi setiap pemimpin yang memiliki cita-cita Islam yang tinggi atau pun bagi para ulama yang merasa dirinya mampu, yang dapat berusaha menjadikan dirinya Pemuda Bani Tamim, siapa tahu dia adalah Pemuda yang disabdakan. Seperti halnya para sahabat berlomba-lomba untuk membuktikan sabda Rasulullah SAW bahwa konstantinopel akan jatuh ditangan pemimpin yang baik, dengan harapan di tangan merekalah terjadinya janji itu. Oleh kerana itu, siapa pun dipersilakan untuk merebut peluang ini. Tidak salah dan tidak keterlaluan bila seseorang berlomba-lomba membuktikan dirinya sebagai Pemuda Bani Tamim selagi tanda-tanda besarnya belum terjadi. Bahkan sepatutnya begitu supaya kita sensitif dan serius terhadap setiap janji-janji Allah. Namun sekiranya kita mampu untuk mencapai cita-cita yang amat tinggi itu kita mesti melihat dan mencari kalau ada orang lain yang mampu dan memang sedang bersungguh-sungguh merintis jalan. Bila ternyata ada seseorang pemimpin dan jemaahnya yang telah mampu membuat model masyarakat Islam, maka bergabunglah dengan perjuangannya dan jangan tunda-tunda lagi.

    Duhai saudaraku, marilah kita berjihad bersama-sama guna membuka jalan Sang Imam yang akan memenuhi dunia ini dengan keseimbangan dan keadilan.

    Bagi anda yang ingin mengetahui panduan jihad silakan kunjungi http://www.benderahitam.wordpress.com

    Bagi anda yang ingin main-main ke blog saya silakan kunjungi http://www.bangbois.blogspot.com

    Wassalamu’alaikum… (Ucapan salam khusus untuk saudaraku yang muslim)

    Peace V ^_^
    ===================================================
    Alhamdullilah… Para pemikir… Mujahid pena… kian bersemangat dan terus bergandengan tangan melawan kaum materialis dan setanis dengan untaian kata, yang dengan ikhlas dilakukan demi ridha Allah semata, walaupun hanya satu ayat. Berbahagialah Orang Islam Sedunia, Insya Allah dalam waktu dekat, mungkin satu, tiga, delapan, atau sebelas tahun lagi, terhitung mulai tahun 2008, Wallahu’alam. Akan datang seseorang dan berkata, “Hai umat manusia, mulai saat ini pemimpinmu adalah Al Mahdi.”

    Komentar oleh Bois | 16 Maret 2010 | Balas

  7. wahai yg menuntut akhirat tdk smpurna maarifat engkau kpd allah apabila tdk mengenal 2 perkara.
    1. mengetahui awal terjadi y mahkluk
    2.mengetahui awal terjadi y diri y sendiri

    Komentar oleh surya | 19 Juli 2010 | Balas

  8. Kalau engkau kenal dirimu niscaya engkau kenal tuhanmu

    Komentar oleh Ansary | 23 Agustus 2010 | Balas

  9. Imam Mahdi sila baca ini…
    http://www.scribd.com/doc/2430471/Imam-Mahdi-AS

    Komentar oleh silatsunda | 25 September 2010 | Balas

  10. saya pernah bermimpi akan dapat Nur Muhamad.tak tahu apa maksudnya.mimpi kali kedua.saya mimpi Tn Guru Nik Aziz menteri besar kelantan. saya tanya dia apa maksud nur muhamad.dia kata sapa yg dapat nur muhamad akan menjadi semulia2 manusia.wallahualam

    Komentar oleh nur | 3 Oktober 2010 | Balas

    • wah macam mengarut je mimpi anda tu

      Komentar oleh Hamba ALLAH | 26 Juli 2011 | Balas

      • sapa yg dapat nur muhamad akan menjadi semulia2 manusia? saya jawab : Innaa akromakum indallaahi atqookum. Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian disisi Allah adalah yang paling bertaqwa diantara kalian. Bukan yang dapat nur Muhammad, cube antum fikirkan firman Allah ini, syukron wassalam

        Komentar oleh abdullah | 22 September 2011

  11. Saya mau download halamannya dong….Biar gampang baca tiap saat yang pake format pdf di halaman downloadnya ataw ms.word

    Komentar oleh hori | 7 November 2010 | Balas

  12. subahanarlah enkau yg maha taw segala nya.

    Komentar oleh aliimran | 10 Februari 2011 | Balas

  13. salut atas artikelnya….
    jika ada yang terbaru dan jika boleh saya minta untuk dikrim langsung ke doudonggo@gmail.com, saya sangat berterimakasih

    Komentar oleh Ncuhi Donggo | 12 Mei 2011 | Balas

  14. fahaman nur muhammad tiada dalam agama yg dibawa oleh rasul s.a.w, Ini adalah kesesatan semata2..kembalilah kepada Alquran dan hadis yang sahih..

    Komentar oleh abu musa | 17 Mei 2011 | Balas

    • Anda merujuk kepada seorang manusia, pertanyaannya….. apa bedanya saya dengan orang yang anda jadikan guru???? bergurulah kepada Allah!!!!

      Baca lagi kitab2 hadist, pelajari baik2 kemudian renungkan….. Baca juga QS.Ali Imran :75-76 kemudian tafsirkan dengan bahasa Arab yang benar.

      Terakhir, GURU anda adalah manusia……… bukan Allah!!!! (penting)

      Komentar oleh abied | 25 Desember 2011 | Balas

  15. alam semesta ini tidak akan ada tanpa adanya nur muhammad..subhanallah

    Komentar oleh arief | 19 Mei 2011 | Balas

    • alam semesta ini tidak akan ada tanpa adanya nur muhammad? Inilah kepercayaan orang tasauf yang didasari dengan faham wihdatul wujud dari al halaj, ibnu arabi, seikh siti jenar di tanah jawa. Mereka mengatakan bahwa Allah SWT berfirman : Kalau bukan kerena engkau (Nur Muhammad) tidaklah AKU menciptakan alam semesta ini. Inilah pemikiran yang menyimpang dari ajaran Islam yang mulia. Pertanyaannya adalah : Dimana kekuasaan Allah SWT? Apakah Allah SWT menciptakan alam semesta ini dalam keadaan terpaksa? Apakah Allah SWT menciptakan alam semesta ini dalam keadaan darurat? Subhanallah. Na’uzubillah, mari kita berlindung dari pemikiran2 yang syirik yang menyepelekan / meremehkan kekuasaan Allah SWT.

      Komentar oleh abdullah | 22 September 2011 | Balas

      • -Menciptakan adalah pertanda keMaha Kuasaan….
        -Allah menciptakan manusia untuk dikenali (baca kitab2 asli janga berbahasa indonesia) agar tidak salah menafsirkan. yang terpenting, kuasai bahasa Arab dengan baik dan benar!!!!
        -Jawab dengan logikamu : (QS.An-Nur :41) kubayar jika bisa menjawab!!!!
        -setelah itu, sucikan otakmu dan beristinja dengan benar… jangan membawa najis dalam shalat Anda!!!!!

        Komentar oleh abied | 25 Desember 2011

  16. assalamu’alaikum,
    sebelumny,sy haturkan salam takdzim sy buat saudara penulis.
    ma’af kalo boleh tau,riwayat ini sumber pertamany dari siapa y?

    Komentar oleh darsa | 18 Juni 2011 | Balas

  17. saya secara peribadi langsung tak percaya apa-apa perkara y berkaitan tentang nur muhammad ni, bagi saya itu semua mengarut…saya yakin tidak akan menyeleweng akidah saya jika tak mempercayainya / mengimaninya.

    Komentar oleh Hamba ALLAH | 5 Juli 2011 | Balas

  18. Laa ikraha Fiddiiin, tiada paksaan dalam agama. Boleh percaya, boleh tidak, semua terserah keyakinan masing-masing pribadi. Tetapi tidak ada salahnya kita mencoba menyisihkan waktu sesaat untuk duduk merenung dengan pikiran dan hati yang jernih, dalam keadaan masih berwudhu…..kemudian tanyakan pada hati nurani kita yang paling dalam. Jika hati kita jujur, insya Alloh kita akan dapati bahwa apa yang diuraikan di atas benar adanya.

    Komentar oleh Ashari | 27 Juli 2011 | Balas

  19. Terima kasih di atas nasihat yang diberikan oleh saudara Ashari…sebagai seorang ahlu sunnah wal jam’ah kita perlu kritis dalam menilai perkara ini…ini soal agama pak…maka nya kita perlu tahu dari mana sumbernya persoalan nur Muhammad ini di bincangkan…adakah ia dari kitab2 yang muktabar seperti kitab hadith sunan sittah? jalan riwayatnya bagaimana? sahih ke tidak?…kalau cerita sedemikian itu benar…maka nya…mesti ada dalam kitab2 besar seperti sahih Bukhori, Muslim, Muwatto’ Imam Malik dll…jadi seharusnya kita perlu berhati2 dalam mengambil & menyampaikan perkara berkenaan dengan agama…sebetulnya kita perlu memastikan dulu kesahihan cerita itu dengan menggunakan kaedah yang betul iaitu kaedah yang digunakan oleh ahlu hadith.

    sebagai penutup mari lah kita renungkan hadith2 di bawah:

    RasuLULLAH SAW bersabda yang bermaksud:

    “Sesiapa yang menyebutkan sesuatu dariku sedangkan aku tidak pernah menyebutnya, maka dia telah menempah tempatnya di dalam neraka” (Hadith Riwayat Bukhori)

    “Cukuplah menjadi 1 dosa bagi seseorang yang menceritakan segala yang dia dengari (tanpa mengkaji samada ia benar atau tidak)” (Hadith Riwayat Muslim)

    Menurut Ibnu Hibban dalam mengulas hadith riwayat Muslim di atas, katanya:

    “Di dalam hadith ini terdapat larangan kepada sesiapa sahaja supaya tidak menyebut semua perkara (termasuk hadith) sehinggalah dia yakini itu adalah sahih”
    (sumber: kitab Tamam al Minnah Fi Ta’liq ‘ala fiqh al-sunnah oleh Syeikh alBani)

    Komentar oleh Hamba ALLAH | 6 Agustus 2011 | Balas

  20. maaf saudaraku sesama muslim , alangkah baiknya permasalahan nur muhammad tidak di bicarakan secara terbuka demikian di takuti ada yang menyalah pahami pengertiannya….
    Tauhid ma’rifat bukan untuk di publikasikan saudaraku apabila anda mengerti amalkan dalam kehidupan anda, apabila anda hanya mendengar dari seseorang pelajari lah lebih lagi. Terlalu banyak orang awam d bumi kita yang belum mengkaji permasalahan sampai di sana ^_^, mungkin lebih baik blog nya di ganti saudaraku.

    Trims, salam saudara seiman

    Komentar oleh insan lemah | 15 Agustus 2011 | Balas

  21. Kasihan sungguh umat Muhammad…mereka diserang daripada segenap segi, bukan sahaja ditindas secara fizikal mereka, tidak hanya diperdayakan mentalitinya, bahkan intelektualnya juga direndah2kan akibat dicekik oleh unsur-unsur batil yang tidak masuk akal & tiada disebut dalam al-Qur’an & hadith-hadith yang sahih…siapakah yang lebih mengetahui hakikat semua kejadian alam ini melainkan ALLAH & RasulNYA? Mudahan2 kita semua terselamat daripada cerita-cerita rekaan yang tak masuk akal akan tetapi disandarkan kepada agama…supaya kita tidak syok sendiri.

    Aku hanya bermaksud (mendatangkan) islah (perbaikan), selama aku masih sanggup. Dan petunjuk yang aku ikuti hanya daripada ALLAH. KepadaNYAlah aku bertawakkal & kepadaNYA lah aku kembali (Surah Hud:88)

    Ya ALLAH tunjukkanlah kepada kami kebenaran itu adalah kebenaran & berkanlah kekuatan kepada kami untuk mengikutinya. Tunjukkanlah kepada kami kebatilan itu adalah kebatilan dan berikanlah kekuatan kepada kami untuk menjauhinya…amiiiiiin ya MUJIB innaka sam’ud dua.

    Komentar oleh Hamba ALLAH | 16 Agustus 2011 | Balas

  22. nur muhammad s.a.w. adalah bila kita, terutama hafal terjemahan faatihah, dan mau menularkan hafalan tersebut ke lain orang, agar mudah bertaqwa dg benar.

    Komentar oleh Muhammad Zainal Arifin | 18 Agustus 2011 | Balas

  23. subhanallah…

    Komentar oleh hamba ALLAH | 10 September 2011 | Balas

  24. terima kasih banyak atas tulisannya ustadz … aku yakin kalau semua wali qutub itu ahli di berbagai bidang ilmu agama” terutama pd bidang ilmu tauhid dan ilmu nur muhammad saw … wasalam

    Komentar oleh arisandi | 19 Oktober 2011 | Balas

  25. kisah Nur Muhammad saw adalah menunjukkan ketinggian dan kemuliaan nabi muhammad saw. bagi orang yang beriman dengan Allah swt, tidak menjadi beban untuk mempercayainya, bahkan kalau lebih pelik dari cerita ini pun boleh dipercayai (seperti saidina abu bakar apabila diceritakan bahawa nabi muhammad saw telah isra’ dan mi’raj). kalaupun tidak diketahui secara terperinci bagaimanakah asalnya kisah ini. kalau ia benar, alhamdulillah bershukur ke hadrat Allah swt sesiapa yang percaya, dan merugilah siapa yang mengengkari. kalau ia tidak benar, orang yang percaya tidak rugi juga kerana mereka memohon ampun ke hadrat Allah swt bahawa hati mereka ikhlas, memuliakan kekasih ALlah swt, nabi muhammad saw, tetapi bagi yang memang tidak percaya, tidak mengapa bagi mereka…. terima kasih

    Komentar oleh Siti Habibah Rasidi | 24 Oktober 2011 | Balas

  26. dalam hal ini, kadang2 memang agak mustahil untuk kita mengetahui samada kisah ini benar atau tidak semasa kita di alam ini. insha Allah bila kita ke alam baqa nanti, boleh lah bertanya kepada Allah sendiri atau para malaikat Nya tentang kebenaran kisah ini… sebaiknya hayatilah panduan dari surah ali imran…

    [3.7] Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Qur’an) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat itulah pokok-pokok isi Al Qur’an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebagian ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: “Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu dari isi Tuhan kami.” Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal.

    [3.8] (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”

    [3.9] “Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau mengumpulkan manusia untuk (menerima pembalasan pada) hari yang tak ada keraguan padanya”. Sesungguhnya Allah tidak menyalahi janji.

    [3.10] Sesungguhnya orang-orang yang kafir, harta benda dan anak-anak mereka, sedikit pun tidak dapat menolak (siksa) Allah dari mereka. Dan mereka itu adalah bahan bakar api neraka,

    Komentar oleh Siti Habibah Rasidi | 24 Oktober 2011 | Balas

  27. aku yakin dan meyakini ajaran ilmu nur muhammad saw,sulit rasanya untuk mencintai nabi saw ketika bersalawat kalau tanpa memahami akan ilmu nur muhammad” dan aku sangat tidak sutuju bahwa syafa’at muhammad itu hanya bisa di dapat di akhirat saja, kesimpulan dari ku adalah “siapa yg tidak kenal tidak tahu, dan tidak mungkin merasakan nikmatnya… wasal

    Komentar oleh arisandi | 26 Oktober 2011 | Balas

  28. Kajian tentang Nur Muhammad, memang pada dasarnya tidak semua orang bisa menerimanya tergantung dari pemikiran, pemahaman dan keyakinan seseorang serta guru yang memberikan ilmu itu sendiri, menurut saya ada hal yang tersirat dan tersurat yang semuanya belum Nabi Muhammad Bin Abdulloh sampaikan kepada umatnya, karena dikhawatirkan terjadi salah hakekat dan pemahaman pada massa itu….ada tingkatan tertentu yang telah menerima hal yang tersirat tersebut karena ini adalah tabir/rahasia…dan tidak bisa dengan mudah orang mendapatkannya tanpa adanya hidayah dari alloh…kita sebagai umat cukup memahami tentang Nur Muhammad dan menjalankan syariat Nabi muhammad SAW insya alloh selamat dunia akhirat..Alloh Dzat wajibal wujud ( dzat, sifat asma af’al dalam diri Muhammad Rosululloh ) dan Dzat dengan sifat tidak pernah berpisah…tapi ingat alloh adalah alloh Dzat yang maha tunggal.. alloh tidak bisa diserupakan dengan apapun….melalui Muhammad Rosulullohlah kita bisa mengenal alloh.

    Komentar oleh Risdi Yanto | 26 Oktober 2011 | Balas

  29. Sebagaimana disebutkan di dalam al Quran yang Suci: Dan ketika Allah bersepakat dengan para nabi itu : Bahwa Aku telah memberi kamu Kitab dan Kebijakan; kemudian akan datang kepadamu seorang Rasul yang menegaskan kembali apa-apa yang telah apa padamu–kamu akan beriman kepadanya dan kamu akan membantunya; apa kamu setuju? Dia berkata,”Dan apakah kamu menerima beban Ku kepadamu dengan syarat seperti itu. Mereka berkata, ‘Benar kami setuju.’ Allah berkata, Bersaksilah demikian, dan Aku akan bersama kamu diantara para saksi.’ (Ali Imran, 3:75-76) (Seperti yang tertulis diatas) ????

    Surat Ali Imran 3:(75-76) sepengetahuan saya.

    75. Di antara Ahli Kitab ada orang yang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu; dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya kepadamu, kecuali jika kamu selalu menagihnya. Yang demikian itu lantaran mereka mengatakan: Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang ummi. Mereka berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.

    76. (Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya dan bertaqwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaqwa.

    Mohon penjelasan penulis……………….

    Komentar oleh Sabdopalon | 3 Desember 2011 | Balas

  30. Maaf, apakah nabi sendiri pernah memberi fatwa seperti apa2 yg anda tulis disini…

    Komentar oleh Hanifudin Lutfy | 19 Desember 2011 | Balas

  31. Akankah asma Allah tampak jika Rasulullah Muhammad SAW tidak hadir di dunia ini, renungkanlah kalimat ini dan perbanyaklah bersholawat untuk Rasul Muhammad SAW, agar engkau diberikan hidayah akan keimanan yang sempurna, karena Allah memerintahkan untuk sholat, berpuasa dan berhaji sementara Allah tidak sholat, tidak puasa dan tidak berhaji, tapi Allah memerintahkan kita untuk bersholawat sementara Allah juga bersholawat untuk Rasulullah Muhammad SAW.

    Wassalam…………

    Komentar oleh Herman | 9 Januari 2012 | Balas

  32. HAKEQAT MUHAMMAD / NUR MUHAMMAD..

    Doktrin Hakeqat Muhammad : Dalam kajian Doktrin Martabat 7, ada diceritakan
    tentang Nur Muhammad. Nur Muhammad ini adalah pecahan kajian dari induknya
    Doktrin Hakeqat Muhammad. Nur Muhammad ini disebut juga Ruh Muhammad, ia
    dianggap tajalli kedua selepas Nur Allah. Hakeqat Muhammad ini disebut dengan
    berbagai-bagai nama, bergantong dari sudut mana kita memandangnya…

    Ramai Para Sufi mempercayai akan doktrin ini, mereka berdasarkan Hadis yang
    berbunyi : ” Aku adalah Nabi tatakala Adam maseh lagi antara tanah liat dan air…”
    Wallahu’alam & Wassalam…..

    Komentar oleh Nur Izzaty | 17 Januari 2012 | Balas

  33. maaf, Para Ustaz, Nur Muhammad alangka baiknya bila kita sebagai umat muslim mengetahui (mendalaminya) sebaiknya di amalkanlah dalam kehidupan sehari-sehari,

    Komentar oleh budiono | 10 Maret 2012 | Balas

  34. nur jua lah adanya….
    misrakan olehmu akan dirimu kpd nur muhammad

    Komentar oleh dhaif | 13 April 2012 | Balas

  35. Asalaamulaikum waromatullahi wabarokatuh. Gi mana ya. Para ulama sunnah melemahkan hadist mengenai nur Muhammad bahkn ada yg mengatakan palsu. Ulama sufi lah (d awali ibn arrobi )yg mengabrkn Hadist tsb. Ya Allah limpahkn dan naungi hamba Mu dengn hidayahMu untuk tidak salah memilih dalam masalh akidah dan bertauhid kepadaMU. Wasalaamualaikum warohmatullahi wabarkatuh.

    Komentar oleh pandi rusmanto | 12 Juli 2012 | Balas

  36. nur muhammad awal ciptaan allah swt dan segala sesuatu diciptakan dari nur muhammad

    Komentar oleh hamzah | 27 Juli 2012 | Balas

  37. inilah sebabnya knapa ilmu ini jngan smbarangan diajarkan tnpa punya ijazah dri guru mursyd,yg kurang faham jdi sesat,yg tidak tahu mengatakan sesat.,yg smbarangan mngajarkan mlah dpat dosa dan ilmunya mlah jd najis bgi drinya…

    Komentar oleh khaironi fajar | 30 Agustus 2012 | Balas

    • kepada yang meragui keagungan Nur Muhammad saw, cubalah kamu menyelam ke surah cahaya (annur (24), ayat 35). cuba fahamkan apakah amthal yang Allah swt kalamkan dalam ayat tersebut.
      terima kasih

      Komentar oleh siti habibah | 2 Oktober 2012 | Balas

  38. sebaiknya pembahasan semacam ini bukan dirahasiakan, tapi tidak juga di buka terlampau lebar seperti di forum tanpa administrator. pengetahuan ini harus melalui guru, guru sejati, internet menambah wawasan tapi bukan guru sejati, guru sejati itu menuntun. bak Ahmad bin Abdullah dituntun oleh Jibril A.S, kurang kuasa apa Allah tidak menghadiahi Ahmad Muhammad SWT dengan hapal 30 Juzz, namun untuk manusia di akhir jaman, Allah punya kebijaksanaan lain. Semedi / Bertapa / Mencari Hakikat diri itu semua di contohkan oleh Rasulullah, apa itu gua hira’…? kenapa gua hira’ dan berapa lama? rasulullah perlu lebih dari sebulan untuk bertemmu diri, dan Alah dalam bimbingan jibril sebagai perantara.

    monggo cari guru masing2,, guru2 yanng mencintai Allah, mencintai Rasulullah

    Komentar oleh gito | 25 Oktober 2012 | Balas

  39. I personally tend to agree with almost everything that was in fact authored in “Dari
    Nur Muhammad saw بسم الله الرحمن الرحيم”.
    Thank you for pretty much all the facts.Thanks for your effort,Jerri

    Komentar oleh http://bing.com | 15 Februari 2013 | Balas

  40. Ada perbedaan signifikan antara Nur Muhammad, Muhammad Rasululloh, dan Nabi Muhammad bin Abdulloh. Bila masing-masing mampu kita pahami kebenaran sejatinya, niscaya kita akan mampu melihat dan mengenal sejatiNya Alloh. Dan memang benar, seorang Guru yang Kamil/sempurna mutlak dibutuhkan untuk menjadi pembimbing.

    Komentar oleh amir karyo | 7 Mei 2013 | Balas

  41. Maaf saya tdk sepaham dgapa yg diiuraikan di atas, komentar saya ini untuk menamba wawasan kita tentang NUUR MUHAMMAD, Nuur Muhammad adlah nuur ALLAH yg diciptakan ALLAH dari NUURNYA. QS ANUR ayat 35,36. NUUR MUHAMMAD ,NUUR ALLAH ygterbias kaca. NUUR MUHAMMAD dan NUUR ALLAH itu sama tpi bedah, serupa tpi tak sama.

    Komentar oleh nasim | 22 September 2013 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: